Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar
sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan
dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat
pula.
Dengan
tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian
tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian
tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a. Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan
sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia
b. Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses
pencapaian tujuan.
c. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi
hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskanseperti di
bawah ini.
a) Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama
antar
Manusia.
b) Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi
pengelompokkan kerja sama.
c) Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama
tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen,
organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara
efisien.
Daftar
Pusaka:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar